Monday, June 24, 2013

Menyusul Harga BBM, Harga LPG di Jember Naik

TEMPO.CO, Jember -Mulai hari ini, Senin,24 Juni 2013, harga Liquified Petroleum Gas (LPG) di Kabupaten Jember Jawa Timur naik. Di tingkat pengecer dan distributor, konsumen harus membeli seharga Rp15 ribu untuk tabung 3 kilogram, dan Rp77 ribu untuk kemasan atau tabung 12 kilogram. "Ya karena kenaikan BBM jadi ikut naik,"ujar Purnomo, pengelola Gudang PT Obor Besuki Perdana, salah satu distributor gas di Jember.

Menurut Purnomo, harga itu sudah sesuai dengan anjuran Himpunan Wiraswasta nasional Miyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas). Meski harga naik, permintaan pelanggan tetap lancar. "Ya, bagaimana lagi? Itu kebutuhan. Dan pelanggan sudah maklum kok."

Ketua Hiswana Migas Eks Karesidenan Besuki Benny Satria mengatakan kenaikan harga elpiji itu akibat naiknya harga BBM yang membebani biaya angkut pengiriman elpiji dari distributor ke konsumen. Namun meski harga naik, stok dan pasokan gas untuk warga di wilayah keresidenan Besuki yang meliputi wilayah Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Lumajang tetap lancar dan dijamin tidak akan terjadi pengurangan pasokan. "Kami menjamin stok dan pasokan aman dan lancar. Hanya naik harga saja, seperti barang-barang lainnya."

Naiknya harga gas LPG itu, membuat pelaku usaha kecil dan menengah terpaksa menaikkan harga barang yang mereka produksi. "Bahan-bahan sudah naik harganya. Sekarang ditambah gas, ya tentu harus naik juga dagangan saya,"ujar Ahmad Sulton, pembuat aneka kue di kawasan Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) Jember.



MAHBUB DJUNAIDY







ifttt
Put the internet to work for you. via Personal Recipe 3011197

No comments:

Post a Comment