Thursday, June 27, 2013

Kejurnas Dayung Diikuti 250 Peserta

TEMPO.CO,Palembang - Sebanyak 250 pedayung dari 15 provinsi ambil bagian pada Kejuaraan Nasional Dayung Junior di danau buatan, Jakabaring Sport City, Palembang, mulai Kamis ini, 27 Juni 2013 hingga Sabtu, 29 Juni mendatang. Menurut Humas panitia penyelenggara kejuaraan, Eva Ruliningtias, hari ini peserta memulai kejuaraan dengan mengikuti lomba indoor rowing.



"Ini salah satu arena untuk mengukur kesiapan regenerasi atlet dayung kita," kata Eva, di Palembang, Kamis, 27 Juni 2013. Menurut Eva, 15 daerah yang mengikuti kejuaraan ini ialah Nangroe Aceh Darussalam, Jambi, Lampung, Sumatera selatan, Sumatera Utara, Bangka Belitung, Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta,Kalimantan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Bali, dan Papua.



Dalam kejurnas ini terdapat 6 nomor yang akan dipertandingkan, di antaranya single dan double scull, kayak single, canadian single dan double. Menurut Eva, nomor yang diperlombakan kali ini merupakan nomor-nomor yang sering dimainkan dalam kejuaraan lokal maupun internasional. "Sebagian besar pedayung ternama akan turun di sini. Makanya kejurnas ini akan menampilkan mutu para atlet."



Tentang persaingan antardaerah, Eva menyatakan kekuatan dayung saat ini sudah merata di seluruh daerah. Dia juga menyebutkan Sumsel termasuk tim yang patut ditakuti oleh tim-tim lainnya. Hal itu mengingat pada Kejurnas 2012 lalu, Sumsel berhasil meraih 2 medali emas, 1 medali perak, dan 1 medali perunggu. "Bahkan Sumsel di PON lalu juga tercatat sebagai salah satu tim terbaik," ujar Eva.



Sementara Sekretaris umum Maryama Bustam melaui wakil ketua III biro Humas KONI Sumsel Darmansa menjelaskan pihaknya akan akan menurunkan atelit terbaiknya dalam ajang yang merupakan salah satu agenda utama PP Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI). Tercatat 12 atlet junior yang terdiri atas 7 atlet putra dan 5 atlet putri telah disiapkan dalam dua bulan terakhir ini. Berikut nama-nama atlet Sumsel Putra yang telah dipersiapkan diantaranya Mahadika, Noval Wijaya, Habibi, Syarin, Gilaang, Diki, dan Yosep. Sementara dikelompok Putri ada Elin, Winda, Evi Diana, Meriandini dan Rizka.



Kepala dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Selatan, Syaidina Ali menjelaskan secara umum danau Jakabaring sudah siap digunakan para atlet untuk berlomba. Tidak hanya itu panitia juga telah menyiapkan peralatan pendukung berupa perahu katay, perahu kano dan perahu rowing. "Danau sudah dibersihkan, panitia juga sudah menyiapkan peralatan pendukung," kata Syaidina Ali.



PARLIZA HENDRAWAN



 







ifttt
Put the internet to work for you. via Personal Recipe 3011197

No comments:

Post a Comment