Sunday, April 28, 2013

Mencari Sepatu Enak Dipakai dan Perlu

TEMPO.CO , Jakarta - Sepatu merupakan salah satu perlengkapan yang sangat penting saat kita berolahraga. Alas kaki ini menjaga kinerja tubuh agar tetap baik selama beraktivitas fisik. "Menunjang kemampuan melakukan gerakan-gerakan olahraga," kata pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Rachmad Wishnu Hidayat, Kamis lalu.




Selain itu, pemilihan sepatu yang sesuai akan mencegah terjadinya cedera, terutama pada sistem tungkai, pergelangan kaki, lutut, panggul, dan tulang belakang. "Jika salah memilih sepatu, efeknya bisa sampai ke tulang belakang," kata spesialis kedokteran olahraga ini.




Karena itu, perhatikan beberapa hal saat kita membeli sepatu. Salah satunya, sesuaikan dengan olahraga yang kita lakukan. Sepatu untuk berlari berbeda dengan sepatu untuk olahraga bola basket atau sepak bola.




Hal lain yang juga sangat penting diperhatikan, sesuaikan dengan bentuk telapak kaki kita. Dalam kedokteran olahraga, dikenal tiga bentuk telapak kaki, yakni flat (rata), high arc (ada cekungan di tengah telapak), dan kaki normal.  Ini penting untuk pemilihan jenis sol sepatu.




Juga perhatikan waktu untuk membeli sepatu. Sore hari adalah waktu yang disarankan untuk berbelanja sepatu karena saat itu, ukuran kaki lebih besar dibanding pada pagi hari. "Karena aktivitas dari pagi menyebabkan adanya akumulasi cairan di kaki yang membuat ukurannya sedikit lebih besar," kata Rachmad.




Ukuran sepatu juga sebaiknya jangan terlalu pas dengan ukuran kaki, sehingga jari-jari kaki masih bisa bebas bergerak. "Jangan ragu untuk berinvestasi dengan membeli sepatu yang relatif mahal," kata Rachmad. Harga sepatu dengan standar yang baik umumnya memang tidak murah, yakni di atas Rp 600 ribu.




Selain itu, dianjurkan untuk mengganti sepatu setiap enam bulan. "Namun ini bergantung pada pemakaian dan berat-ringan olahraga yang dijalankan," kata Rakmad. Semakin sering digunakan, fungsi sol sebagai peredam gaya akan semakin berkurang. Sol yang semula lunak akan menjadi lebih keras




IQBAL MUHTAROM





Topik Terhangat:

Edsus Sosialita | Ustad Jefry | Caleg | Ujian Nasional | Bom Boston


Baca juga:

Pria Tampan Diusir dari Arab Angkat Bicara
Twit Terakhir, Ustad Uje Baca Doa Mau Tidur

Ini Spesifikasi Motor Gede yang Ditunggangi Uje
Pose 'Ajaib' Para Sosialita di Depan Kamera







ifttt
Put the internet to work for you. via Personal Recipe 3011197

No comments:

Post a Comment