Monday, April 8, 2013

Kanopi Kayu Ukir Bali

TEMPO.CO - Kanopi memiliki berbagai macam fungsi, mulai dari melindungi ruang terbuka yang ada di bawahnya, hingga mempercantik rumah. Meski hanya merupakan pelengkap, bentuk kanopi harus disesuaikan dengan desain bangunan. Sebab secara tidak langsung kanopi merupakan bagian dari fasad atau desain tampak depan dari sebuah bangunan.

Saat ini, desain kanopi kayu sudah mulai beragam bentuk dan penggunaannya. Jika dulu kanopi hanya digunakan untuk penghalang sinar matahari langsung ke car port, saat ini kanopi juga digunakan sebagai penutup teras lobi juga pinggiran kolam renang. Begitupula bentuk kanopi pada saat ini sudah beraneka ragam. Mulai dari berbentuk klasik dengan penggunaan bahan besi atau baja ringan hingga ukiran khas bali yang menggunakan bahan kayu.

Salah satu tempat yang menggunakan penerapan ukiran Bali pada kanopi kayu adalah Hotel Horison Seminyak Bali. Hotel Horison Seminyak menggunakan kanopi ukiran Bali ini untuk menghubungkan ruang terbuka dekat kolam renang, dengan cafetaria yang sekaligus menjadi ruangan utama Hotel berkonsep minimalis ini.

"Demi menonjolkan konsep tradisional Bali, serta hotel dengan desain tropis, kami menggunakan kanopi kayu berukir ini," ujar Natal Surbakti, Corporate Director of Sales Hotel Division, PT Metroland Tbk, yang menjadi pengembang Hotel Horison Seminyak, Bali. "Kanopi ini juga didatangkan dari pengrajin asli Bali," ujar Natal.

Karena ukiran kanopi di Hotel Horison Seminyak ini berbentuk bunga Kamboja, maka kanopi tidak tertutup seluruhnya. Agar kayu tidak cepat rusak dan termakan cuaca kanopi dilindungi oleh material lain di bagian atasnya. Jenis kanopi seperti ini biasanya dilapisi dengan akrilik atau polikarbonat, agar cahaya matahari tetap bisa tembus ke bawah. Apalagi prinsip desain yang diusung Hotel Horison Seminyak juga mengurangi konsumsi listrik.

Se cara harfiah, arti kata kanopi adalah penutup atau pelindung dibagian atas. Inilah yang mendasari penggunaan istilah kanopi, sebagai kelengkapan atau aksesoris tambahan dari rumah. Kanopi biasanya diletakkan pada bagian depan atau belakang rumah, dan ditempelkan pada dinding, dengan ketinggian biasanya sekitar 3 meter dari lantai.

Selain digunakan sebagai pelindung atas dari carport, kanopi juga bisa digunakan untuk melindungi teras atau dinding rumah agar tidak terkena tampias air hujan, menjadi pelindung tanaman hias agar tidak terkena sinar matahari langsung dan juga untuk menjadi atap tempat menjemur pakaian, agar pakaian yang dijemur tidak terkena hujan namun masih tetap dapat terpapar angin agar tidak bau.

CHETA NILAWATY







ifttt
Put the internet to work for you. via Personal Recipe 3011197

No comments:

Post a Comment