Tuesday, March 19, 2013

Mencegah Ruam Merah akibat Diaper

TEMPO.CO, Chicago--Masalah yang kerap timbul akibat penggunaan diaper pada bayi adalah munculnya ruam kemerahan akibat iritasi. Hal ini membuat bayi tidak nyaman dan menangis.

Menurut pakar dari Loyola University Health System, Dr. Bridget Boyd, yang juga asisten profesor pediatrik di Loyola Chicago Stricth Shool of Medicine, salah penyebab ruam kemerahan itu adalah buang air besar yang dilakukan sang bayi.

Bayi-bayi yang minum air susu ibu (ASI) lebih sering melakukan buang air besar sehingga peluang mengalami ruam kemerahan pun lebih besar. Namun para dokter menganjurkan ASI karena banyaknya manfaat yang bisa diperoleh.

"Ruam kemerahan disebabkan reaksi iritasi pada kulit yang dipicu oleh efek samping pelembab, lotion, tisu pembersih maupun buang air besar," ujar Boyd seperti dikutip oleh situs Health Day 17 Maret 2013.

Ia merekomendasikan zinc oxide yang dioleskan di pantat bayi setiap kali mengganti diaper setelah bayi buang air besar. Hal tersebut memberi jarak antara kulit bayi dengan pelembab yang menyebabkan iritasi. Para orang tua yang mengetahui anaknya menjadi sakit seharusnya mengoleskan krim tersebut lebih sering.

Penyebab ruam kemerahan, lanjut dia, bisa dikarenakan adanya produk baru seperti pelembab, diaper atau tisu pembersih merek baru, yang menyentuh kulit. "Jika Anda mencoba produk baru pada kulit bayi dan melihat terjadinya ruam kemerahan, kembali gunakan produk lama untuk beberapa hari. Kemudian coba kembali produk baru tersebut. Jika ruam kemerahan muncul lagi, jangan gunakan produk baru tersebut," kata Boyd.

Terjadinya ruam kemerahan juga bisa dicegah dengan tidak menggunakan produk yang mengandung alkohol atau pengharum sebab hal itu bisa menyebabkan iritasi kulit. "Meskipun tisu pembersih yang kita beli menyebutkan bahwa ia cocok untuk kulit sensitif, tetap saja ada risiko pada kulit yang rentan," kata Boyd. "Lebih baik gunakan air hangat dari botol untuk membersihkan pantat bayi dan bersihkan dengan kain yang lembut."

Jika ada indikasi terjadinya ruam kemerahan, obati bagian yang mengalami ruam tersebut dengan cara :
1. Paparkan kulit bayi ke udara sebisa mungkin. Ada baiknya bayi tidur dengan diaper yang terbuat dari kain.
2. Ganti diaper bayi sesering mungkin untuk memastikan kulitnya bersih dan kering.
3. Mandi atau berendam dengan oatmeal untuk membantu meringankan rasa nyeri dan tidak nyaman.
4. Berikan obat pereda sakit untuk bayi berusia lebih dari dua bulan. Cek info kesehatan bayi dan balita di sini.

HEALTH DAY I ARBA'IYAH SATRIANI

Baca juga:

Cabut Bulu 'Brazilian Wax' Berisiko Infeksi Virus

Stres Bisa Diketahui dari Napas?

Kenapa Mutilasi dan Pemerkosaan Marak?

Psikolog: Kenapa Ibu Tega Bunuh Anak

Topik Terhangat:
Hercules Rozario || Simulator SIM Seret DPR || Harta Djoko Susilo || Nasib Anas







ifttt
Put the internet to work for you. via Personal Recipe 3011197

No comments:

Post a Comment